Sunday, June 09, 2013

VINTAGE!!

Hello, Sunday! Jadi apa rencanamu untuk hari minggu ini? Ada yang mau jalan? Jalan bareng teman atau gebetan? Bingung pake baju apa? Yang lagi trend apa ya? Emang ya, yang namanya cewek itu pasti ngomong "pake baju apa ya? nggak ada baju!" padahal baju segunung di lemari. Ngomong-ngomong nih, baju yang lagi ngetrend ada beberapa. Sering banget liat remaja, cewek khususnya, pake baju-baju gaya tribal, floral print, vintage dan banyak lagi.


Yang bakal aku angkat di blog ini adalah vintage. Bagi kalian, cewek-cewek yang suka fashion pasti dah nggak asing kan dengan kata "vintage"? Tapi kalian tau nggak arti vintage itu apa? Auth sih juga awalnya nggak tau, dan akhirnya cari-cari di kamus, internet, surfing kesana-sini and finally.....

Vintage adalah.... 
"something old atau outmooded yang biasanya berupa barang bekas pakai dan tidak jauh dari barang-barang yang berbau antik atau unik."
Nah dari pernyataan di atas, sebenarnya vintage itu bukan second hand stuff dengan model jaman dulu..
"Clothing which was produced before the 1920s is referred to as antique clothing and clothing from the 1920s to 1980s is considered vintage."(wikipedia.org)
Well, dari pernyataan di atas kita bisa tau, kalau vintage stuff itu baju-baju atau barang yang di produksi pada tahun 1920 - 1980 dan tidak harus berupa second hand. Tapi memang ada yang merupakan second hand tapi ada juga yang barang baru.

Anyway, kalian juga pastinya nggak asing sama kata "retro" kan? Nah retro itu kependekan dari Retrospective atau "vintage style" yang biasanya mengacu pada pakaian yang meniru gaya dari era sebelumnya. Sedangkan repro adalah kependekan dari reproduction yang merupakan pakaian yang baru dibuat, namun selalu meniru gaya lama.

Oh iya, retro dan vintage juga digunakan untuk fotografi sebagai efek.. Retro lebih dominan merahnya sehingga terkesan hangat. Sedangkan vintage terlihat lebih kuno dari retro. Vintage di dominasi dengan warna hijau dan warna-warna pudar. Karena didominasi dengan warna hijau dan warna-warna pudar, vintage jadi terkesan lebih dingin..


VINTAGE STYLE!
1. What should you wear?
Vintage style bisa di mix and match dengan baju bergaya vintage dengan gaya jaman sekarang. Untuk memperkuat gaya vintage itu sendiri, kamu bisa pakai atasan polos warna pastel lalu di mix and match dengan rok bunga! Atau kamu bisa menggunakan dress. Dress longgar dengan motif polka dot, floral, geometric, etc.

polka dot, geometric and floral vintage dress
2. How about the bottoms?
Kamu bisa pakai legging atau tight hitam maupun putih. Untuk high waist, bisa juga pilih  high waist jeans, pencil skirt, shorts or pants.


3. Shoes and Vintage Accesories.
Vintage accesories biasanya adalah tas, gelang, kalung, belt, kacamata, etc.
Untuk tas, bisa pakai warna coklat(muda atau tua), peach, merah, hitam, broken, atau putih. Warna-warna ini membuat vintage terkesan lebih klasik.
Untuk gelang dan kalung, kamu bisa hand made. Vintage identik dengan warna gold dan warna-warna yang mencolok seperti pink, kuning atau hijau.
Untuk belt sendiri, disesuaikan dengan warna dress yang kamu pakai. Jangan sama, beri warna yang kontras.
Shoes. Vintage shoes sendiri identik dengan wedges dan higheels. Kamu juga bisa gunakan sepatu pantofel, oxford, ankle boots atau low heels. Untuk warnanya disarankan berwarna merah, coklat, hitam, putih, atau krem. Jangan pakai sepatu yang terlalu cerah, itu juga untuk menghindari 'fashion crime'.

for vintage style


4. What about the hair?
Nah, curly dan shiny hair merupakan salah satu tren vintage. Kamu bisa meng-curly rambut, kalau suka bisa pakai hairdo beehive. Untuk alternatif, kamu bisa urai rambut kamu dan sisir ke belakang untuk mendapatkan bentuk alami rambutmu.

5. Accessories Alternative.
Untuk accesories, kalau bosen, kamu bisa pake scarves dengan motif paisley, ethnic embroidery atau polka dots. Atau bisa kamu tambahkan bowler hat. Untuk warna bowler hat kamu bisa pilih warna merah, hitam, atau merah. Ada juga topi-topi vintage lainnya: fedora, newsboy/bakerboy dan ivy hat. Oya, kamu juga bisa pakai cardigan.. Mm.. bracelet juga bisa di pakai

Vintage Hats





Vintage and Retro Effect


VINTAGE



RETRO


VINTAGE



RETRO




Quotes:
"ANYONE CAN GET DRESSED UP AND GLAMOROUS BUT IT IS HOW PEOPLE DRESS IN THEIR DAYS OF THAT ARE THAT ARE THE MOST INTRIGUING― Alexander Wang

No comments: